Keberadaan gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Namun, Kementerian Sosial RI menargetkan pada 2019 Indonesia bebas gepeng. Pertanyaan besar pun mencuat, apa bisa terealisasi? Jika melihat angka kemiskinan di Indonesia, Kementerian Keuangan mengeluarkan data sampai tahun ini saja masih ada sekitar 27 juta jiwa yang berada di garis hidup miskin.

Gepeng Jadi Problematika Setiap Daerah

Menyelesaikan masalah gepeng tidak segampang membalikan telapak tangan. Akar masalah dari persoalan ini adalah kehidupan rakyat yang masih jauh dari sejahtera. Untuk makan setiap harinya saja masih susah, bagaimana bisa memikirkan hal lain di luar itu.

Tapi, menurut Menteri Sosial Khofifah IndarParawansa, pihaknya sudah meramu program pengentasan masalah tersebut. salah satunya adalah dengan menyiapkan perkampungan khusus gepeng. Pemikiran tersebut merupakan hasil buah pikir dari koordinasi Kemensos dengan Dinas Sosial tingkat provinsi dan tingkat kabupaten kota se-Indonesia.

Ya, upaya tersebut sebenarnya sudah direalisasikan di Malang. Di sana, perkampungan gepeng berubah menjadi kota wisata seribu topeng. Bahkan, dengan perubahan tersebut, perkampungan itu menjadi salah satu destinasi wisata turis mancanegara. Selain di Malang,ternyata model tersebut sudah diterapkan di Pasuruan, Padang, atau Kulonprogo. Daerah-daerah itu sudah menyiapkan lokasi untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial.

"Mengubah perkampungan gepeng menjadi kota wisata adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengentaskan masalah ini,'' Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Kemensos juga ternyata memiliki cara lain selain menciptakan perkampungan gepeng yang lebih inovatif. Adalah program Risol Gepeng (Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis) di daerah Bekasi, Jawa Barat. Inovasi tersebut dibuat Kemensos dengan membentuk tempat penjangkauan. Perlu diketahui, program Risol Gepeng tersebut mendapatkan anugerah inovasi pelayanan publik top 99.

Dengan beberapa langkah tersebut, diharapkan pada 2019 mendatang, Indonesia bisa bebas dari gepeng. Jika itu tercapai, dapat dipastikan tingkat kesejahteraan hidup rakyat Indonesia akan semakin baik. Hal tersebut merupakan capaian yang positif untuk kemajuan Indonesia. 

Dulunya Kampung Gepeng, Sekarang Kampung Wisata Mancanegara!

Namanya Desa 1000 Topeng. Gagasan dari Kementerian Sosial untuk mengurai masalah gepeng yang meresahkan Malang, Jawa Timur. 

Di sana, seperti kebanyakan kota wisata lainnya di Indonesia, ada beberapa spot foto yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah keberadaan dua topeng raksasa khas Malang. Tidak hanya itu, topeng-topeng kecil pun bertebaran di sekelilingnya. Dijamin foto Anda akan keci! 

Selain ada spot foto, di desa itu juga Anda bisa melihat proses pembuatan topeng malangan. Nah, Malangan itu juga akhirnya menjadi ikon resmi dari Desa Menanti yang namanya sudah terdengar sampai ke antero dunia. Penasaran? 

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook