Beberapa suku di nusantara memiliki tradisi etnis yang digelar menjelang hari Raya Idul Fitri dan 6 hari selepasnya atau yang dibiasa disebut hari raya Ketupat. Rangkuman Kami ada beberapa perayaan tradisi unik, pertama suku Melayu di Kalbar, kedua suku Jawa di Keraton Ngayogyakarta, ketiga suku muslim dari Gorontalo, keempat suku Sasak di Lombok dan kelima suku Madura di Pasuruan.

1. Tradisi Meriam Karbit di Sungai Kapuas Pontianak, Kalimantan Barat

1. Tradisi Meriam Karbit di Sungai Kapuas Pontianak, Kalimantan Barat

Festival Meriam Karbit tahun ini akan diikuti oleh 44 kelompok dengan jumlah keseluruhan sebanyak 259 unit meriam karbit. Berlangsung di sepanjang pinggiran Sungai Kapuas di Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada malam takbiran.

Lokasi akan dipusatkan di Gang Kamboja di pinggir Kapuas. Dengan 4 kriteria penilaian, antara lain bunyi, motif, kebudayaan yang diwakili dan dekorasi. Hadiah yang diperebutkan juara I Rp8 juta, Juara II Rp6 juta dan Juara III sebesar Rp4 juta.

"Permainan Meriam Karbit ini sudah menjadi kebiasaan dan budaya masyarakat Kota Pontianak yang tidak ada di daerah lainnya, tak sah rasanya bila merayakan Idul Fitri tanpa mendengar dentuman meriam karbit," tutur Barry Shilmon, jurubicara Forum Meriam Karbit.



REAKSI ANDA?

Komentar Facebook