Putaran kedua Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung pada 19 April 2017 mendatang. Pada putaran ini, pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djrot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan bertarung memperebutkan kursi kepemimpinan Jakarta. Lalu pasangan manakah yang dipilih oleh warga Jakarta pada putaran dua nanti ?

Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei mereka yang bertajuk  "Memahami Peta Kompetisi putaran kedua Pilgub DKI" pada 6 Maret 2017. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa 46,3 persen responden memilih Anies-Sandi, sedangkan 39,7 persen memilih Ahok-Djarot. Namun, 14 persen responden belum menentukan pilihan mereka sehingga masih ada peluang perubahan hasil. http://www.median.or.id/wp-content/uploads/2017/03/PRESS-RELEASE-PILKADA-DKI-PUTARAN-2.pdf

Hasil survei ini sendiri menunjukkan adanya peningkatan suara terhadap pasangan Anies-Sandi. Median merilis alasan peningkatan suara tersebut. Alasan paling banyak adalah seagama dengan presentase 27,1 persen. Hal yang menarik adalah pernyataan "yang penting bukan Ahok" menjadi alasan kedua kenaikan suara Anies-Sandi dengan presentase sebanyak 25,9 persen.

Survei ini diikuti oleh 800 responden random yang merupakan warga Jakarta yang memiliki hak pilih dengan margin eror kurang lebih 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan sejak 21 Februari hingga 27 Februari 2017.

Hasil dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) pun tidak berbeda jauh. Survei yang dilakukan pada 440 responden pada 27 Februari hingga 3 Maret 2017 dengan margin eror kurang lebih 4,8 persen ini menunjukkan bahwa Anies-Sandi unggul dengan 49,7 persen. Sedangkan Ahok-Djarot mendapat suara sebanyak 40,5 persen.  http://megapolitan.kompas.com/read/2017/03/22/21151361/ahok.kalau.hasil.survei.sesuai.jakarta.punya.gubernur.baru.namanya.anies

Lalu, apakah hasil survei ini juga akan sama dengan hasil perolehan suara di Pilkada putaran kedua mendatang atau akan ada perbedaan hasil? Pastikan anda warga Jakarta telah terdaftar sebagai pemilih untuk putaran dua nanti.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook