Pengadaan kereta Transjakarta sejatinya untuk membantu pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengurai kepadatan penumpang kereta yang masih terjadi hingga saat ini, terutama pada pagi dan sore hari.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam beberapa tahun terakhir berupaya meningkatkan pembangunan untuk menyelesaikan masalah-masalah di ibu kota, seperti pembangunan LRT dan MRT untuk mengurangi tingkat kemacetan. Kali ini, muncul wacana akan adanya kereta Transjakarta.

Kereta Transjakarta sendiri adalah proyek yang baru diwacanakan oleh Pemprov DKI guna membantu pihak PT KAI mengurai kepadatan penumpang. Seperti yang diketahui, kereta menjadi salah satu moda transportasi yang paling diandalkan karena biaya yang terjangkau serta bebas macet. Namun, padatnya penumpang terutama pada jam-jam sibuk membuat penumpang sering kali harus berdesakan hingga terjepit untuk bisa menaiki kereta. 

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, pengadaan kereta rel listrik (KRL) ini untuk membantu PT KAI yang selama ini masih kekurangan kereta. Saefullah menambahkan dana pengadaan kereta Transjakarta akan diambil dari APBD yang diperoleh dari pajak. Hal ini dikarenakan alasan bahwa penumpang KRL selama ini adalah mereka yang bekerja di Jakarta. Sudah menjadi keharusan pajak yang para pekerja ini bayarkan, dikembalikan kepada mereka dalam bentuk fasilitas maupun prasarana.

Direncanakan, Pemprov akan membeli 6 kereta yang masing-masing terdiri dari 6 gerbong. Diperkirakan proyek ini menghabiskan biaya sekitar Rp360 miliar. Namun, perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI dengan PT KAI belum disepakati karena perlu adanya pembicaraan lebih terkait beberapa hal. Selain itu, Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) harus melakukan lelang terlebih dahulu.

"Ini bisa kita alokasikan di APBD perubahan atau nanti di penetapan APBD 2018. Jadi ini tidak dapat serta merta, karena uang banyak jadi harus betul-betul perencanaannya teralokasi dari awal," ujar Saefullah seperti yang dilansir dari Kompas, Senin (10/4).

Kita doakan saja agar proyek ini bukan sekedar wacana ataupun menjadi proyek yang akan terhenti di tengah-tengah. 

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook