Startup World Cup 2018 diselenggarakan oleh Fenox Venture. Di Indonesia sendiri, Fenox bekerja sama dengan Bekraf untuk dapat mengirimkan perwakilan Indonesia ke ajang Grand Finale.

Startup World Cup 2018

Startup World Cup 2018

Startup World Cup 2018 yang disingkat dengan SWC 2018 diluncurkan secara resmi pada September mendatang oleh Fenox Venture Capital. Berkaitan dengan acara tersebut, Fenox bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif dan atau Bekraf melakukan kerja sama dalam rangka memajukan startup Indonesia  dengan cara memasukkan mereka ke dalam SWC 2018.

SWC sendiri ialah rangkaian konferensi, dan juga kompetisi yang bertujuan menghubungkan ekosistem startup yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mendorong pelaku usaha kreatif agar dapat menjadi pemenang pada Startup World Cup.

Total rangkaian acara berjumlah 30 buah yang tersebar di negara Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, Asia, Afrika, dan juga Australia. Nantinya rangkaian acara akan berakhir pada Grand Finale yang bertempat di Silicon Valley.

Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf berujar bahwa kuantitas pelaku startup yang ada di Indonesia terus meningkat. Peningkatan ini beriringan dengan terjadinya pertumbuhan penetrasi digital dan juga internet. Kompetisi SWC 2018 dipandang Bekraf sebagai peluang untuk para pelaku industry kreatif di Indonesia untuk dapat berkembang.

Pada Jumat 9 Juni 2017 yang bertempat di Jakarta, Triawan memaparkan,” Melalui SWC, Saya mempercayai bahwa bekerja sama dengan Fenox, kami bisa menemukan calon wirausahawan, dan membawa mereka semua ke level selanjutnya. “

Triawan berpendapat bahwa acara tersebut tidak hanya menawarkan kesempatan kepada pelaku usaha startup untuk tumbuh. Namun juga, acara tersebut mampu meningkatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia bahwa ekosistem usaha startup merupakan salah satu cara paling baik untuk membuat perekonomian tumbuh.

Triawan menambahkan, “ Pelaku Startup di Indonesia, jaga semangat tetap tinggi, tetap bersikap positif, dan juga kreatif. Percaya lah pada kemampuan diri agar dapat kepercayaan masyarakat global.”

Pada 2 Juni hingga 8 September 2017, pendaftaran SWC regional Indonesia akan dibuka. Pendaftaran dilakukan melalui situs startupworldcup.io.

Dari pendaftaran, akan dipilih 10 startup. Kesepuluh startup yang dipilih akan memberikan presentasi di depan para juri. Ada pun jurinya adalah Kepala Bekraf Triawan Munaf, CEO Zalora Indonesia Anthony Fung, Direktur Lippo Group John Riady, Ashraf Sinclair dari Venture Partner 500-startups, dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim. Presentasi akan berlangsung di Balai Kartini pada tanggal 22 September 2017.

Demi kesuksesan program ini, Bekraf bersama Fenox melakukan roadshow ke Bandung, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bali, Makassar, dan Batam. Roadshow berlangsung dari Juli hingga Agustus 2017.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook