Banyak yang menilai bahwa langkah Ahok ini adalah cara ia memaafkan lawan politik dan ikhlas terhadap apa yang ditudingkan padanya.

Ahok telah divonis dua tahun penjara oleh hakim karena kasus penistaan agama yang ditudingkan padanya. Awalnya, pemilik nama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini mengajukan banding demi meminta keadilan. Namun baru-baru ini, ia justru dikabarkan mencabut permintaan banding tersebut.

Permintaan cabut banding Ahok ditandai dengan konferensi pers yang dilakukan istrinya seraya membacakan surat untuk para pendukung Ahok. Di situ, sang istri, Veronica Tan, menangis. Ahok menyampaikan rasa terima kasih lewat istrinya dan permintaan untuk tidak ada lagi unjuk rasa di depan umum terkait dirinya.

Banyak yang menilai bahwa langkah Ahok ini adalah cara ia memaafkan lawan politik dan ikhlas terhadap apa yang ditudingkan padanya. Tak hanya cabut banding, Ahok bahkan dikabarkan mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta walaupun Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan ia belum menerima surat pengunduran diri dari Ahok.

Langkah Ahok mencabut permintaan bandingnya juga dinilai Djarot, selaku pasangan kerjanya, sebagai sikap ikhlasnya terhadap putusan hakim. Djarot menyatakan bahwa Ahok sudah ikhlas dan menunjukkan bahwa ia telah taat hukum, demikian yang dinukil Liputan 6.

Keputusan Ahok juga telah diapresiasi banyak pihak, antara lain partai politik PDIP dan segenap pendukungnya. Bagi mereka, ini adalah kebesaran jiwa Ahok dalam menghadapi ujian yang menerjang saat ia berjuang untuk negaranya.

Lain kata dengan Wakil DPR RI Fadli Zon. Sebagai lawan politik, Fadli menilai bahwa langkah Ahok ini bisa jadi merupakan penerimaannya pada putusan hakim atau upaya hukum dan politik lain. Namun hal tersebut dibantah sang pengacara Ahok, I Wayan Sudirta. Ia mengatakan bahwa Ahok telah mengalah untuk umum.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook