Sehari setelah ajang debat Pilkada DKI Jakarta putaran dua usai, Forum Betawi Rempug (FBR) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Enam hari menjelang digelarnya Pilkada DKI putaran dua, FBR Jakarta Selatan (Jaksel) mendeklarasikan dukungannya untuk petahana. Hal ini menambah panjang daftar ormas Betawi yang mendukung Ahok-Djarot setelah sebelumnya FBR wilayah Jakarta Timur serta Front Betawi Bersatu (FBB) juga menyatakan dukungan.

Juru bicara FBR Jaksel Sofyan mengatakan, keputusan ini dibuat setelah melihat situasi selama Pilkada DKI berlangsung. Dalam pengamatan tersebut, pihaknya melihat kalau warga Jakarta menginginkan pemimpin yang mampu mengayomi tanpa memandang etnis dan hal itu yang nampaknya dilihat oleh FBR ada dalam sosok Ahok dan Djarot.

FBR sendiri sebelumnya adalah salah satu pihak yang sempat menolak Ahok maju menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo pada 2014 lalu. Namun, nampaknya sepak terjang Ahok-Djarot yang pernah terjun ke dunia politik serta pengalaman memimpin Jakarta berhasil meluluhkan hati FBR. Selain itu, FBR Jaksel memandang Djarot sebagai perwakilan umat muslim sehingga dapat meredam perdebatan yang tengah terjadi di masyarakat terkait ajaran muslim.

"Melihat perkembangan yang terjadi belakangan ini, kami, FBR Jakarta Selatan yakin sosok yang layak menjadi Wakil Gubernur DKI adalah Djarot Saiful Hidayat,” kata Sofyan seperti yang dilansir dari Berita Satu, Kamis (13/4).

Sementara itu, FBR Jakarta Utara (Jakut) telah memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan-Sandiaga Uno, diikuti oleh  Forum Pemuda Betawi, Laskar Merah Putih, Relawan AHY, Serikat Nelayan, serta Forum Agus-Sylvi yang semuanya berasal dari Jakut.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook