"Gizi anak itu penting sekali karena ini menyangkut anak kita sehat atau tidak sehat di masa yang akan datang," tutur Presiden saat membagikan Paket Pangan kepada penduduk.

Sebanyak 5000 paket dalam bentuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) disaksikan pembagiannya oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain itu, juga dibagian 500 Program Keluarga Harapan (PKH) kepada sejumlah masyarakat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Langkah ini untuk menekankan pentingnya gizi anak dan kesejahteraan  masyarakat untuk meningkatkan kualitas penduduk Indonesia.

Menurut Presiden, gizi anak-anak yang baik akan berpengaruh kepada prestasi dan kualitas SDM Indonesia."Gizi anak itu penting sekali karena ini menyangkut anak kita sehat atau tidak sehat di masa yang akan datang," tutur Presiden seperti dilansir dari laman antaranews.com.

Pemeliharaan gizi perlu diperhatikan sejak bayi masih dalam kandungan hingga usia sekolah. Paket PMT terdiri dari sejumlah biskuit bergizi seimbang, dengan takaran makanan yang sudah diatur agar sesuai dengan kebutuhan gizi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Langkah Presiden ini perlu disambut baik, terutama oleh ibu-ibu hamil, untuk tetap memeriksa kondisi kandungannya ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), guna mendeteksi sejak dini kesehatan bayinya.

Dipihak orang tua yang memiliki anak di usia dibawah 5 tahun, juga jangan lupa untuk memeriksakan anaknya ke pos pelayanan keluarga berencana."Anak balita, tidak boleh kurus, harus diberi biskuit, telur, ikan sayur, itu harus. Anak kita akan cerdas, anak kita akan sehat kedepannya," tutur Presiden.

Sedangkan paket Program Keluarga Harapan (PKH) akan diberikan kepada masing-masing keluarga dengan dana sekitar Rp1.890.000 untuk keperluan pendidikan maupun tambahan modal usaha. Setiap kali pengambilan maksimum Rp500 ribu."Kita janjian ya, kalau nanti ketahuan untuk rokok atau untuk pulsa, kartunya akan dicabut. Kita janjian, karena nanti Insya Allah akalu anggaran APBN kita lebih baik, akan ditingkatkan anggarannya," jelas presiden.

Sebanyak 1000 paket PMT diberikan di Lapangan Tamansari Tasikmalaya. Sedangkan 3000 paket sembilan bahan pangan diberikan di desa Cihideung, dan 1000 paket sejenis dibagikan di Desa Lengkong, Tasikmalaya,Jawa Barat. Selanjutnya, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Cipasung untuk melakukan shalat Tarawih bersama. 

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook