Banyak yang bertanya, harus mengadu kemana jika kita menemukan polisi nakal?

Kita seringkali merasa terganggu dengan keberadaan "polisi nakal" alias polisi yang tidak bekerja sesuai prosedur. Misalnya saja meminta suap saat menilang pengendara yang melanggar aturan atau berpura-pura menjadi calo bagi calon polisi yang akan mengikuti seleksi akademi.

Citra polisi pun akhirnya memburuk karena hal tersebut. Bukan hanya itu, masyarakat akhirnya menggampangkan sesuatu yang melanggar aturan karena merasa bisa membeli hukum. Tentu saja hal ini merugikan negara.

Banyak yang bertanya, harus mengadu kemana jika kita menemukan kasus demikian? Tentu saja Anda bisa dengan tenang mengadukan polisi nakal tersebut, salah satunya adalah dengan cara membuka laman Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam). Anda akan diminta identitas dan sejumlah keterangan saat kasus terjadi seperti waktu kejadian, tempat, apa yang terjadi, nama pelaku da korban, bagaimana terjadinya dan jumlah saksi.

Divisi Propam ini sebenarnya dibentuk untuk melakukan sejumlah tugas seperti pengamanan internal, penegakan kedisiplinan dan ketertiban internal, dan melayani pengaduan masyarakat terkait peyimpangan yang dilakukan anggota Polri.

Tak hanya itu, ada juga layanan pesan singkat 1717. Layanan ini adalah media yang memfasilitasi masyarakat agar bisa berkomunikasi langsung dengan kepolisian daerah. Komunikasi ini bisa berupa pertanyaan, saran, pengaduan, atau laporan kejadian. Polisi nakal tersebut adalah salah satu kasus yang bisa dilaporkan.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook