Metro mini dari sisi pelayanan kini merambah melakukan integrasi transjakarta dan angkot di beberapa rute wilayah Jakarta.

Naik Angkot KWK Berstiker, Bayarnya Cuma Pakai Kartu.

Angkot integrasi Transjakarta untuk Jaksel adalah rute Lebak Bulus-Petukangan. Angkot berwarna merah (S14) berstiker KWK. Jalur Petukangan hingga Lebak Bulus, angkot merah ini akan melewati jalan Veteran Raya-Deplu-jalan Ciputat (Pondok Pinang). Singgah di Veteran, pas sekali melewati pintu keluar masuk bus Tangerang-Jakarta.

Sepanjang jalan tersebut rute ini juga akan melewati halte busway Lebak Bulus, Pondok Pinang, halte feeder Lebak Bulus. Angkot berstiker rute Pondok Labu-Pasar Kebayoran Lama melewati lokasi ini juga.

Dengan membeli kartu KWK di beberapa halte busway terdaftar seharga Rp 15.000, kartu ini dapat dipakai selama satu bulan khusus angkot berstiker KWK. Kartu berlaku mulai pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB serta setiap orang dapat menggunakan kartu KWK. Menurut Bapak Turasman A. S., salah satu supir angkot berstiker KWK S14, untuk angkot S14 rute Lebak Bulus-Petukangan, ada 40 (empat puluh) yang berstiker dari 50 (lima puluh) jatah yang diberikan. Sementara seluruh angkot ada 100 (seratus).

Masa percobaan dilakukan sejak April hingga Juli. Ada 10 rute KWK yang sudah terintegrasi dengan bus Transjakarta yaitu Tanjung Priuk-Balakturi, Kelapa Gading-Terminal Rawamangun, Semper-Tipar Cakung, Pulogadung-Pejuang Jaya, Rawamangun-Klender, Terminal Cililitan-Condet, Cililitan Munjul, Pondok Labu-Pasar Kebayoran Lama, Lebak Bulus-Petukangan, dan Rawa Buaya-Grogol.

Aman karena semua angkot berstiker adalah angkutan umum yang lolos uji. Salah satu uji yang dilakukan ialah uji KIR. Jadi tidak perlu merasa wanti-wanti naik angkot berstiker hanya karena rupanya sudah terlihat tua. Tapi angkot berstiker rata-rata kelihatan masih segar.

Beberapa angkot menyediakan tempat sampah. Pertama kali lihat angkutan umum pakai tempat sampah itu di Bandung, sekarang angkot Jakarta pun menyediakan tempat sampah. masyarakat lebih memilih alternatif lain dengan membayar lebih mahal asalkan efisien dari segi waktu. Supir ngetem di setiap simpang asalkan ada penumpang.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook