Nama Ridwan Kamil masih menjadi nomor satu sebagai orang yang disukai responden, dengan rata-rata prosentase tertinggi 87%. Meski unggul dalam citra tokoh, Ridwan Kamil hanya di peringkat ke-5, kalah terkenal dengan sosok Aa Gym dan Deddy Mizwar.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei Jawa Barat terkait Pilkada Langsung yang akan dilakukan pada Juni tahun 2018. Sejumlah kandidat ramai dibicarakan di masyarakat. Namun persoalan paling penting, siapa yang memiliki peluang menang dan peluang pasangan yang paling potensial menjadi perbincangan luas.

Dari sisi keterlibatan jumlah sampel sebanyak 820, dengan margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%. Pola survei dilakukan melalui wawancara terhadap responden. Data menunjukkan bahwa responden menginginkan sifat kepemimpinan yang jujur/bersih dari korupsi 58%, perhatian pada rakyat 32%, tegas 5%, berwibawa 3% dan pintar 2%.

Namun, ketika responden ditanya terkait pilihan kepada calon gubernur, mayoritas menjawab tidak-tahu atau rahasia sebesar 74,5%. Namun, sebanyak 13,1% responden memilih Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi 3,4% dan Deddy Mizwar 2,3% dan dibawah 2% sebanyak 18 nama. Deni Direktur Riset SMRC menyatakan, "figur atau ketokohan calon menjadi faktor yang sangat menentukan tinggi-rendahnya elektabilitas. Semakin tinggi dan positif popularitas seorang calon, semakin besar peluangnya dipilih."

SMRC juga mensimulasi jika saat ini diadakan pilihan gubernur, ada 8 nama  yang terjaring dengan dukungan masing-masing Ridwan Kamil 35,5%, Deddy Mizwar 15,6%, Dedi Mulyadi 13,6%, Dede Yusuf 10,9%, Aa Gym 9,6%, dan nama lain dibawah 4%. Namun, ketika disederhanakan menjadi 4 nama simulasi, muncul nama Ridwan Kamil 39,5%, disusul Deddy Mizwar 23,5%, Dedi Mulyadi 15,2% dan Dede Yusuf 12,6%. Ketika Dede Yusuf digantikan Aa Gym memperoleh 12,0%.

Ketika Ridwan Kamil maju sebagai calon gubernur, nama yang pantas mewakili menurut responden dengan prosentase tertinggi 13,4%, disusul Deddy Mizwar 10,2%, Dede Yusuf 7,8% dan Aa Gym 6,0%. Sisa nama keseluruhan dibawah 3%.

Hasil temuan, juga menunjukkan citra tokoh dengan 4 sifat seperti perhatian pada rakyat, Jujur bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, tegas dan berwibawa dan mampu memimpin. Ridwan Kamil tertinggi, disusul Dedi Mulyadi, kemudian Deddy Mizwar dan Aa Gym. Sedangkan pada tingkat kedikenalan Ridwan Kamil sendiri sebenarnya memiliki tingkat kedikenalan lebih rendah dibandingkan sejumlah pesaing utamanya. Hanya 75 persen warga menyatakan mengetahui nama Ridwan Kamil, sementara sekitar 96 persen mengetahui nama AA Gym dan 92 persen mengetahui nama Deddy Mizwar. 

SMRC juga berhasil melakukan survei responden terkait dukungan kepada partai politik.  Golkar meraih 15,4%, PDI-P 14,5%, Gerindra 8,6%, PKS 7,2%, PPP 6,7%, Nasdem 4,2%, Perindo 3,4%, PKB 2,8% dan PAN 1,9%.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook