Suka penasaran dari mana asal nama-nama jalan di Jakarta? Jika kalian lebih peka, pasti sering menemukan beberapa nama jalan menggunakan nama seseorang. Benar tidak? Misalnya saja Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, atau Jalan Haji Nawi. Nah, siapa sangka, dari beberapa nama jalan tersebut, ada yang menggunakan nama tokoh atau jawaran Betawi. Siapa saja mereka dan dimana kah jalan tersebut berada?

Jalan Benyamin Sueb

Jalan Benyamin Sueb job-like.com

Nama ini cukup melegenda di telinga masyarakat Betawi. Sekali sebut, ingatan tentang sosok itu langsung tergambar. Celetukan Muke Lo Jauh begitu melekat pada dirinya. Pria kelahiran Jakarta, 5 Maret 1939 itu sampai akhir hidupnya berhasil menciptakan 53 judul film dan 75 album musik. Prestasi yang tidak bisa dianggap sepele! Karena itu, di salah satu sudut jalan Jakarta, namanya terpampang nyata. Dimanakah itu? 

Jalan Sabeni

Jalan Sabeni gobetawi.com

(Sabeni berdiri di tengah) Lahir pada 1860, namanya melejit setelah berhasil mengalahkan salah satu jagoan daerah Kemayoran yang berjuluk Macan Kemayoran. Yang sangat fenomenal adalah ketika dia dalam usia lebih dari 83 tahun berhasil mengalahkan jagoan beladiri yang sengaja didatangkan penjajah Jepang untuk bertarung dengannya. Karena sikap heroiknya itu, namanya pun diabadikan di Jakarta. Ada dimana?

Jalan Haji Darip

Jalan Haji Darip kissanak.wordpress.com

Haji Darip merupakan putra asli Betawi kelahiran 1886. Konon katanya, Darip kebal peluru dan tahan bacok! Dia ternyata pernah dianugerahi aji pengasihan yang dapat dengan mudah menaklukan penjahat. Bagi warga Betawi, dia adalah jawara sekaligus pahlawan. Tapi bagi pemerintah kolonial waktu itu Darip dikenal sebagai bandit. Namanya pun ada di jalan Jakarta, lho. Dimana, ya? 

Jalan Thamrin

Jalan Thamrin jakartakita.com

Jalan Thamrin mungkin yang paling familiar di telinga warga Jakarta. Berada di pusat kota, jalan tersebut tak pernah sepi. Siapa yang tahu, nama jalan itu berasal dari nama pahlawan asli Jakarta. Muhammad Husni Thamrin. Pria kelahiran 16 Februari 1894 tersebut pernah juga mendirikan Persatuan Kaum Betawi yang bertujuan memajukan pendidikan, perdagangan, kerajinan, dan kesehatan untuk penduduk Jakarta. Ada dimana?

 

Lewat Nama Jalan, Yuk Lebih Dekat dengan Jawara Betawi!

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook