Reklamasi hingga saat ini masih jadi polemik di Jakarta. Beberapa setuju dengan proyek ini, beberapa lainnya mengecam. Namun belakangan, ada kabar bahwa reklamasi yang telah dilaksanakan oleh masa pemerintahan Gubernur Ahok akan dipindahtangankan ke Pemerintah Pusat.

Reklamasi ternyata tak hanya dilakukan di Jakarta. Beberapa negara maju justru sukses dengan proyek yang sebetulnya telah diusung oleh Presiden Soeharto kala itu. Apa saja negara maju tersebut? Berikut ulasannya.

1. Singapura

Singapura

Singapura sukses dengan proyek reklamasi di Pulau Sentosa. Pulau ini sebelumnya merupakan Pulau Blakang Mati yang akhirnya digabungkan dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pulau Sentosa menawarkan beberapa macam fasilitas seperti hotel, taman, villa dan arena permainan. Salah satu yang terkenal adalah Universal Studio Singapura.

Pulau ini berfokus pada tema sustainable tourism yang artinya, Singapura tetap menjaga ekosistem alam kawasan pulau tersebut dengan tetap efisien akan bahan bakar dan melindungi aset heritage Singapura.



REAKSI ANDA?

Komentar Facebook