Bagi Anda warga DKI Jakarta yang belum tahu, layanan darurat semacam 911 di Amerika Serikat kabarnya telah mengudara dengan nama Jakarta Siaga 112.

Jakarta Siaga 112 merupakan sistem layanan darurat dengan sistem nomor tunggal. Panggilan ini bebas pulsa dari semua operator dan telepon rumah, difungsikan untuk keadaan darurat seperti darurat medis, kebakaran, kecelakaan, ancaman keamanan dan bencana. 

Panggilan ini nantinya akan melibatkan semua jajaran aparat di provinsi DKI, melibatkan Polda Metro Jaya, Ambulans Gawat Darurat, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, AGD 118, PMI DKI Jakarta dan Kantor SAR Jakarta. 

Agen Call Center Jakarta Siaga 112 akan memandu, memberikan pertolongan pertama dan memberikan saran kepada penelpon, agar melakukan tindakan-tindakan tertentu, sampai bantuan atau petugas tiba dilokasi kejadian, sesuai dengan SOP yang diterapkan.

Tujuan Jakarta Siaga 112, merupakan upaya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi pengaduan dari masyarakat. Selama ini pelaksanaannya masih menggunakan layanan pengaduan yang belum terintegrasi, seperti layanan 118 untuk Ambulance Gawat Darurat Dinas Kesehatan, 119 untuk Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, 113 untuk Pemadam Kebakaran. Sejak 23/10/2016 kemarin, layanan call center tersebut diintegrasikan pada satu nomor khusus dengan Jakarta Siaga 112.

 

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook