Memegang jabatan sebagai pemimpin negara seakan tidak membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melupakan adat dan sopan santunnya. Hal itu pun ia terapkan kepada bawahannya serta petugas pengawal presiden.

Masih ingatkah anda rombongan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang mendapat apresiasi dari masyarakat dari berbagai negara? Sebuah rekaman video dari salah satu warga Jepang memperlihatkan sopannya rombongan pemimpin negara tersebut meminta jalan kepada warga ketika masuk ke jalur tol.

Seorang pengawal dari setiap mobil akan menjulurkan tubuh mereka dari jendela dan memberikan tanda kepada pengguna jalan lainnya untuk melambatkan laju mereka. Lampu rotator serta sirine hanya dinyalakan sekali sebagai tanda kepada pengguna jalan dan lampu tersebut akan dimatikan setelah rombongan masuk ke jalan. 

Ternyata, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menerapkan hal yang sama. Sejak menjabat sebagai seorang pemimpin negara 2015 lalu, Jokowi dikenal sebagai pemimpin yang ramah kepada warga. Hal ini pun ia terapkan dalam berkendara. Ia menerapkan peraturan kepada Paspampres untuk tidak menggunakan sirine ataupun menutup jalan ketika rombongan presiden lewat. 

Mungkin hal ini terkesan aneh lantaran kita sering kali melihat pengawal para pejabat negara ataupun anggota angkatan yang berpangkat tinggi menggunakan sirine untuk meminta jalan dan tidak jarang juga membunyikan klakson kepada pengguna jalan lain. Hal itu pun dianggap sebagai hal yang lumrah.

Namun, presiden nampaknya menganggap hal ini kurang sopan. Paspampres pun selalu diingatkan untuk tidak menggunakan sirine, klakson, bersikap agresif ataupun menutup jalan karena akan mengganggu pengguna jalan yang lain. Meski kondisi padat, rombongan hanya akan membuka satu jalur.  Petugas pun diwajibkan mengacungkan jempol kepada masyarakat yang telah memberikan jalan sebagai ucapan terima kasih. 

Hal yang ditunjukkan kedua pemimpin negara ini patutnya ditiru oleh para pejabat negara serta petinggi angkatan. Jika mereka bersikap sopan, maka masyarakat pun akan menghormati mereka.

Berikut video pengawalan Presiden Jokowi yang dilansir dari laman Youtube milik Kementerian Sekretariat Negara RI pada 6 April 2017.

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook