Pada 12 Mei 2017, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP RI) memposting video ajakan untuk gemar makan ikan. Menteri Susi Pudjiastuti sendiri yang mengajak rakyat Indonesia di video tersebut. Bukan Susi kalau tidak menuai banyak komentar netizen. Ya, dalam video itu, dia mengecam; Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan!

Lalu. sudah sejauh mana budaya makan ikan di Indonesia?

Ajakan Unik Ala Susi Pudjiastuti Untuk Gemar Makan Ikan

Ternyata, konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan terbilang masih rendah. Rata-rata tingkat konsumi ikan di Indonesia itu hanya sekitar 41 kilogram (kg) per kapota per tahun. Angka tersebut masih di bawah dari negara tetangga. Misalnya saja Singapura yang sudah mencapai 80 kg per kapita per tahun dan jauh telak dari Jepang yaitu 100 kg per kapita per tahun. 

Upaya menaikan angka konsumsi ikan Indonesia terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan terus menginformasikan kelebihan dan manfaat dari makan ikan itu sendiri. Nah, beberapa waktu lalu, di Twitter KKP RI (@kkpgoid) Menteri Susi Pudjiastuti menyampaikan langsung ajakannya untuk seluruh masyarakat Indonesia agar lebih suka lagi makan Ikan. Setelah video itu viral di media sosial, beberapa netizen Indonesia pun menanggapi video tersebut dengan memposting foto 'makan ikan'. Alasannya lucu, supaya tidak ditenggelamkan Bu Susi

Selain ajakan langsung dari Menteri Susi, KKP RI juga memiliki program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Program itu rutin dilakukan di setiap daerah yang dikomandoi Ibu Gubernur daerah setempat. Di Jakarta, belum lama ini juga ada Festival Kuliner Ikan Nusantara di Kota Tua, Jakarta Barat. Dengan berbagai upaya tersebut, target pun ditetapkan. Pada 2019, KKP RI berharap konsumsi ikan di Indonesia bisa mencapai 55 kilogram per kapita per tahun. 

Data Kelompok Ikan Yang Paling Disukai Masyarakat Indonesia

Berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2016 lalu, berikut kelompok ikan yang paling disukai masyarakat Indonesia. 

  • Kelompok Ikan Tuna Tongkol Cakalang dengan porsi 16.45 %
  • Kelompok Ikan dan Makanan Jadi (KIMJ) seperti bakso, sosis, nugget, dan lainnya dengan porsi 9.02 %
  • Kelompok Ikan Lele, Patin, dan Gabus dengan porsi 7.92 %
  • Kelompok Ikan Kembung dengan porsi 6.65 %
  • Kelompok Ikan Bandeng dengan porsi 5.43 %
  • Kelompok Ikan Mujair/Nila dengan porsi 5.26 %
  • Kelompok Ikan Udang dan Cumi dengan porsi 3.87 %
  • Kelompok Ikan Teri dengan porsi 3.36 %
  • Kelompok Ikan TCT asin dengan porsi 2 %
  • Kelompok Ikan Kembung Asin dengan porsi 1.36 %

REAKSI ANDA?

Komentar Facebook